Pusat Penelitian dan Pengembangan Hak-hak Ekonomi, Sosial dan Budaya mengadakan presentasi draft laporan akhir mengenai Evaluasi Implementasi RANHAM generasi  ke tiga tetang Pro Environment.

 

Kegiatan berlangsung pada tanggal 6 November 2012 bertempat di kantor Balitbang HAM. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana kesiapan pelaksanaan kepanitiaaan RANHAM dan bagaimana kebijakan pemerintah daerah dalam rangka RANHAM Pro Lingkungan. Evaluasi yang dihadiri oleh Syafuan Rozi dari P2P LIPI-Komisi Advokasi AIPI sebagai narasumber dan didampingi oleh Firdaus dari Balitbang HAM sebagai moderator ini diharapkan menjadi bahan masukan rekomendasi kebijakan bagi para stakeholder yang terlibat langsung dalam masalah lingkungan serta dapat digunakan sebagai bahan acuan dan referensi dalam menghadapi masalah-masalah sehubungan dengan kondisi lingkungan dan penghormatan, pemenuhan, dan perlindungan HAM.

 

Hasil evaluasi  yang dilakukan mengeluarkan rekomendasi  kepada pemangku kebijakan RANHAM Pro-Environment di tingkat pusat dan daerah hendaknya terus mengembangkan paradigm pro lingkungan dalam setiap kebijakan dan programnya. Perlu dilakukan pemantauan aktif terhadap resiko kebocoran limbah industri kecil, pabrik menengah dan bengkel agar tidak mencemari lingkungan dengan mengkampanyekan peringatan dini pro lingkungan beserta sanksinya.

Sumber: http://www.balitbangham.go.id/index/index.php?option=com_content&view=article&id=210:ranham-generasi-3&catid=44:press-release&Itemid=78