Kegiatan AIPI

Call for Papers Jurnal Ilmu Politik AIPI, No. 22 Tahun 2012

call4papersCall for Papers

JURNAL ILMU POLITIK NO. 22 TAHUN 2012 – AIPI

TEMA: MEMBACA POLITIK 2013

 

Agenda politik pemilihan umum dan pemilihan presiden tahun 2014 akan segera dimulai dan dirasakan masyarakat. Seperti biasanya, setahun sebelum pemilu merupakan tahun politik yang penuh dinamika. Pada masa ini, berbagai aktivitas politik terjadi. Partai-partai harus mulai melakukan seleksi kandidat calon legislatif dan presiden serta konsolidasi organisasi untuk verifikasi keikutsertaan di pemilu. Di sisi penyelenggara pemilu, proses pendaftaran calon pemilih dan persiapan pemilu tentu akan menjadi kerja besar.

 

Dinamika politik tahun 2013 sepertinya akan lebih meningkat karena salah satunya dipengaruhi fakta bahwa incumbent Presiden SBY tidak bisa lagi ikut dalam kontestasi pemilihan presiden. Kontestasi pilpres dan pileg menjadi lebih terbuka dan imbang. Di sisi lain, masyarakat pemilih juga semakin rasional dan sophisticated sebagai akibat dari proses pembelajaran demokrasi di tingkat lokal dalam berbagai pemilihan kepala daerah langsung. Karena itu, prediksi dan proyeksi politik menjadi semakin sulit dilakukan karena banyaknya faktor yang eksogenus maupun temporer dari sistem yang akan mempengaruhi proses politik nantinya.

 

Karena itu, menjadi penting dan relevan bagi ilmuwan dan peneliti politik untuk dapat menganalisa berbagai kecenderungan, perubahan mendasar secara kultural maupun struktural, serta implikasi dari regulatory regime di bidang politik saat ini yang akan mempengaruhi dinamika politik di tahun 2014 pada umumnya dan di tahun 2013 pada khususnya. Selain itu, penting juga analisa tentang tradisi-tradisi baru berpolitik yang dapat memperkokoh fundamental demokrasi di Indonesia. Untuk itu, Redaksi Jurnal Ilmu Politik AIPI menerima artikel-artikel akademik yang relevan dengan tema ”Membaca Politik 2013” untuk diterbitkan di Jurnal Ilmu Politik No. 22 Tahun 2012. Redaksi sangat mengharapkan juga naskah-naskah yang terkait kemajuan keilmuan politik empirik di Indonesia dalam memahami perilaku pemilih maupun psikografi dan psikoanalisa para elit dan pemimpin alternatif.

 

Batas Waktu Pengiriman Naskah Artikel: 31 Oktober 2012.

Panjang naskah : 5000 – 6000 kata (sertakan abstract dalam bahasa Inggris sebanyak kurang lebih 50 kata).

 

Format penulisan referensi: mengikuti APA atau Chicago citation style.

Naskah dikirim ke Redaksi Jurnal Ilmu Politik AIPI: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Leave your comments

0 Character restriction
Your text should be more than 10 characters
Your text should be less than 300 characters
terms and condition.

People in this conversation

Comments (1)