Kegiatan AIPI

Pengamat: Dicari, Pemimpin yang Mampu Wujudkan Kedaulatan Ekonomi

 

sawahFoto: http://kangen-ndeso.blogspot.comJakarta - Pengamat ekonomi Econit Hendri Saparini, menilai, untuk mewujudkan kedaulatan ekonomi, Indonesia membutuhkan pemimpin yang tidak sekedar menitikberatkan pada figur. Namun, harus diisi oleh pemimpin yang memiliki paradigma ekonomi dan strategi.

 

Pemimpin ke depannya juga tidak sekedar memiliki sifat baik (jujur, rajin). Tetapi jelas memiliki visi dan garis ideologi ekonominya, yakni ekonomi konstitusi UUD 1945 dan mampu mewujudkannya dalam strategi pembangunan yang komprehensif.

 

“Kedaulatan ekonomi mestinya bukan pilihan. Sekarang, Indonesia mau atau tidak berdaulat secara ekonomi. Kalau berbicara tentang kedaulatan dan pemenuhan kebutuhan dasar, maka perlu strategi komprehensif dari seorang pemimpin untuk menjamin pemenuhan kebutuhan pangan strategis yang pro terhadap konsumen dan produsen,” kata Hendri dalam seminar nasional XXV AIPI “Indonesia dan Tantangan Politik Pasca Pemilu 2014”, Rabu (19/2).

 

Dijelaskan, saat ini perlu peran negara yang efektif dengan paradigma yang jelas dan tegas terhadap tekanan asing untuk melemahkan sektor pertanian. Kalau mau berbicara kedaulatan, tidak sekedar ada tidaknya pasal yang mengakomodir. Namun, instrument kebijakan seperti apa yang harus dilakukan untuk menjalankan semua itu.

 

“Pemimpin harus memiliki kemampuan membaca masalah ekonomi dengan benar dan jujur, serta mampu dan mau memformulasikan masalah dan mencari solusi dengan referensi konstitusi UUD 45, Pemimpin juga harus mau dan mampu memilih strategi untuk memaksimalkan peluang di era globalisasi dan liberalisasi untuk membela kepentingan nasional,”ucap Hendri.

 

Sumber: http://www.beritasatu.com/nasional/167114-pengamat-dicari-pemimpin-yang-mampu-wujudkan-kedaulatan-ekonomi.html

 

Leave your comments

0 Character restriction
Your text should be more than 10 characters
Your text should be less than 300 characters
terms and condition.
  • No comments found