Publikasi AIPI

Evaluasi Reformasi Birokrasi di Indonesia

COVER BUKU REFORMASI AIPIJudul : Evaluasi Reformasi Birokrasi di Indonesia

Penulis: M. Ryaas Rasyid, dkk.
Penerbit : Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI)
Cetakan : Januari 2013.
Isi buku  : xvi + 445 hlm.

 

Buku ini merupakan kumpulan makalah Seminar Nasional Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) ke XXIV, dengan tema: "Evaluasi Kritis Reformasi Birokrasi di Indonesia", yang diselenggarakan pada tanggal 23-25 Mei 2012, di Gedung Asia Afrika, Bandung-Jawa Barat.

 

Reformasi birokrasi di Indonesia masih menghadapi   masalah-masalah sebagai berikut: pertama, perbedaan pemahaman mengenai urgensi penataan birokrasi dan  sistem pemerintahan yang baik (good governance). Kedua, keterbatasan kemampuan sumber daya manusia (SDM) serta masalah netralitas birokrasi dalam menjalankan manajemen pemerintahan.  Ketiga,  praktik  kolusi,  korupsi  dan  nepotisme (KKN) yang cenderung meluas dan masif. Meluasnya partisipasi rakyat dalam proses politik dan meningkatnya praktik demokrasi–kendati masih bersifat prosedural— justru saling berkejaran dengan   meluasnya korupsi, suap, dan penyalahgunaan kekuasaan.

 

Selain itu, reformasi birokrasi  harus  berhadapan dengan  berbagai  hal  dan  proses yang  tumpang  tindih  antarfungsi-fungsi  pemerintahan  yang melibatkan jutaan pegawai negeri dan membutuhkan anggaran yang  sangat   besar.  Oleh karena itu, reformasi  birokrasi membutuhkan  etika dan  terobosan  baru  yang  mampu  menata ulang sistem dan proses birokrasi dari tingkat tertinggi hingga terendah. 

 

Informasi terkait Buku ini, hubungi Sekretariat PP AIPI, Telp: 021-522 4480