News

SHS Luncurkan Buku "Ekonomi Biru Masa Depan Indonesia"

 

Jakarta - Gubernur Sulawesi Utara Dr Sinyo Harry Sarundajang, pada Selasa (7/10) malam, meluncurkan buku berjudul Ekonomi Biru Masa Depan Indonesia di Jakarta.

 

Acara yang digelar di Hotel Asana Kawanua, dihadiri sejumlah tokoh nasional di antaranya, Menteri Perhubungan KIB-I Freddy Numberi, mantan Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Pendeta Dr Richard Daulay, Prof Dr Hendry Alexis Rudolf Tilaar, dan penasihat Asosiasi Ilmu Politik (AIP) Prof Dr Ryaas Rasyid.

 

"Saya tidak pernah mengikuti pendidikan khusus di bidang kelautan. Saya menulis berdasarkan pengalaman. Saya lahir di Sulawesi Utara, yang mayoritas wilayahnya adalah laut. Sekitar 80 persen wilayah Sulawesi Utara adalah laut," kata Sarundajang.

 

Dia mengatakan, sejak menjabat wali kota adminstratif Bitung, pada 1990 hingga kini menjadi gubernur Sulawesi Utara, selama dua periode (2005-2010 dan 2010-2015), sering mendapat penugasan yang ada kaitannya dengan laut.

 

Disebutkan, luas wilayah Indonesia yang mencapai 7,7juta km per segi, 5,8 juta km per segi adalah laut. Dan, hanya 1,9 juta km per segi adalah darat.

 

"Paling berkesan ketika saya ditugaskan di provinsi yang mayoritas wilayahnya adalah laut, yaitu Maluku dan Maluku Utara. Basic-nya adalah hampir 15 tahun menjabat wali kota Bitung," jelas dia.

 

Peluncuran buku Ekonomi Biru Masa Depan Indonesia diisi sesi bedah buku yang dipandu wartawan senior asal Sulawesi Utara, Ahmed Kurnia, dengan menampilkan pembicara, peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ikrar Nusa Bakti, Ketua Dewan Penasihat PWI Pusat Tarman Azzam, dan wartawan senior Atmadji Sumarkidjo.

 

Sarundajang adalah wali kota administratif pertama di Indonesia. Dia dinilai berhasil mengembangkan konsep pemekaran wilayah.

 

Sebagai gubernur pertama di Indonesia yang terpilih melalui pilkada langsung pada 2005, Sarundajang juga dikenal sebagai kepala daerah bertangan dingin menyelesaikan konflik. Dia pernah ditugaskan sebagai gubernur Maluku dan Maluku Utara. 

 

http://www.beritasatu.com/nusantara/215669-sarundajang-luncurkan-buku-ekonomi-biru-masa-depan-indonesia.html

 

Leave your comments

0 Character restriction
Your text should be more than 10 characters
Your text should be less than 300 characters
terms and condition.
  • No comments found