News

Sarundajang Luncurkan Buku "Ekonomi Biru Masa Depan Indonesia"

ekonomi biruJAKARTA (EKSPOSnews): Gubernur Sulawesi Utara SH Sarundajang meluncurkan buku yang berjudul "Ekonomi Biru, Masa Depan Indonesia" yang berisi pemikiran-pemikiran mengenai perubahan paradigma pembangunan nasional dari darat ke laut.

 

"Indonesia perlu mengubah paradigma pembangunan nasional yang saat ini masih berorientasi ke wilayah darat menjadi ke wilayah laut," katanya saat peluncuran buku di Jakarta, Rabu 8 Oktober 2014.

 

Buku setebal 150 halaman tersebut merupakan konsep ekonomi biru yang mendorong pelaksanaan pembangunan berkelanjutan dan mengembangkan industrialisasi kelautan serta perikanan.

 

"Konsep ini menekankan pada pertumbuhan, penciptaan lapangan kerja dan mendorong inovasi teknologi yang tidak merusak lingkungan," kata dia.

 

SH Sarundajang mengatakan bahwa ada lima prinsip kunci kejayaan dalam pelaksanaan pembangunan berbasis kelautan yang harus diimplementasikan secara terpadu di negeri ini."Ada lima prinsip yang harus dilakukan secara terpadu adalah ocean blue economy, ocean governance policy, ocean environmental policy, ocean maritime cultural policy, dan ocean maritime security policy," katanya.

 

Ia mengatakan bahwa ekonomi biru tersebut merupakan solusi terhadap tantangan perilaku ekonomi dunia yang cenderung mengeksploitasi dan merusak lingkungan, termasuk laut.

 

Ia berharap pemerintah ke depan akan menggunakan konsep ekonomi biru yang dapat menjadi pilar utama pertumbuhan ekonomi serta matra laut juga harus mendapat perhatian lebih besar dalam program-program pembangunan nasional di masa mendatang."Dengan letak geografis Indonesia di hamparan Samudera Pasifik maka tentu tak berlebihan jika Indonesia suatu saat nanti akan mendapat julukan penguasa pasifik," katanya.(ant)

 

http://eksposnews.com/view/1/75274/Gubernur-Sulut-Luncurkan-Buku-Ekonomi-Biru.html#.VDU3nWc3-Ag

Leave your comments

0 Character restriction
Your text should be more than 10 characters
Your text should be less than 300 characters
terms and condition.
  • No comments found