News

Pengamat: Jokowi Capres Terkuat, Hanya Bisa Diimbangi Capres Hasil Konvensi

Jakarta - Menurut pengamat politik, peluang-peluang kandidat capres yang ada saat ini dianggap kecil dan  berhasil diungguli oleh elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi, apabila dimajukan sebagai bakal capres.

"Baik itu Prabowo, Wiranto, Megawati, Aburizal Bakrie, sudah tertinggal jauh elektabilitasnya dengan Jokowi," kata Pengamat Politik sekaligus Board of Advisor CSIS Jeffrie Geovannie di Jakarta, Senin (20/5).

 

Kalaupun ada yang bisa menantang Jokowi sebagai pesaing yang kuat, menurutnya, hanya tokoh yang dihasilkan proses politik yang melibatkan rasional massa pemilih. Dalam hal ini, menurut dia, salah satunya capres yang dihasilkan oleh konvensi capres.

 

"Mungkin menunggu hasil dari pemenang konvensi capres, yang salah satunya adalah konvensi Partai Demokrat," kata Jeffrie.

 

Dari beberapa nama yang digadang-gadang akan mengikuti konvensi capres PD, menurut Jeffrie, salah satu yang harus diperhitungkan adalah Gita Wirjawan. Selain dekat dengan SBY, tambah Jeffrie, Gita sudah dikenal sebagai tokoh muda berwawasan luas, memiliki modal, dan tampang yang mendukung.

 

"Bila itu terjadi, proses perjalanan konvensi dan kemudian kemenangan atas konvensi akan menjadi modal besar buat Gita Wirjawan untuk muncul sebagai penantang serius Jokowi," kata dia.

 

Pengamat Politik Endang Tirtana juga tak menolak bila konvensi bisa menjadi strategi untuk tactical voting, karena pemilih sudah diajak lebih dulu memilih figur tertentu sebelum pilpres benar-benar dimulai.

 

"Jika konvensi Partai Demokrat bisa mengolah ini, maka kandidat itu berpotensi menjadi pemenang," kata Endang.

 

Penulis: Markus Junianto Sihaloho/NAD

 

Sumber: http://www.beritasatu.com/nasional/114680-pengamat-jokowi-capres-terkuat-hanya-bisa-diimbangi-capres-hasil-konvensi.html

Leave your comments

0 Character restriction
Your text should be more than 10 characters
Your text should be less than 300 characters
terms and condition.
  • No comments found