News

Bawaslu Berharap Anggaran Pengawasan Pemilu Memadai

Jakarta - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Muhammad, berharap pemerintah menyediakan anggaran yang cukup untuk pengawasan pemilu di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pasalnya anggaran untuk pengawasan merata menurutnya belum tercukupi.

 

"Keluhannya bahwa sangat tidak memadai untuk pengawasan pemilu. Ekspektasi serta harapan publik, tantangan pekerjaan kami yang sangat berat," kata Muhammad di Jakarta, Senin sore (6/5).

 

Bawaslu merupakan salah satu lembaga yang diundang wakil presiden hadir dalam rapat evaluasi eselon serta pejabat kementerian dan lembaga hari ini.

"Kalau kita mau setiap TPS ada pengawas pemilu, tapi dalam UU tidak mengakomodir itu, saya harap ada skema lain problem anggaran itu," lanjutnya.

 

Bawaslu sendiri belum membuat skema penambahan anggaran pengawasan yang diperlukan. Namun sesuai dengan Undang-Undang Pemilu maka untuk satu desa atau kelurahan terdapat satu hingga lima pengawas. Hal tersebut menurut dia tidak layak sebab dalam satu desa atau kelurahan kemungkinan terdapat puluhan TPS.

"Kondisi desa lurah itu ada yang sampai 80-100 TPS. Jadi tidak memadai untuk pengawasan maksimal," katanya.

 

Penulis: Ezra Sihite/AF

 

Sumber: http://www.beritasatu.com/nasional/112169-bawaslu-berharap-anggaran-pengawasan-pemilu-memadai.html

Leave your comments

0 Character restriction
Your text should be more than 10 characters
Your text should be less than 300 characters
terms and condition.
  • No comments found